Loading

Biologi

Detil Prodi

BIOLOGI (S-1 TERAKREDITASI B) 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015

Progam studi biologi didirikan sejak tahun 1998 dan selanjutnya ijin perpanjangan penyelenggaraan berdasarkan SK DIRJENDIKTI No: 34/DIKTI/Kep/2002, pada saat ini telah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT. Pendirian progam studi biologi didasarkan atas kebutuhan tenaga biologi yang memiliki wawasan luas, terampil dan professional dalam menerapkan dan mengembangkan biologi (hewan, tanaman, mikroorganisme) untuk memanfaatkan sumberdaya hayati menjadi produk yang bernilai tambah denganmemperhatikan kelestarian lingkungan.

VISI

Visi program studi Biologi adalah menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu biologi dan biologi terapan yang berbasis kewirausahaan.
  1. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang ilmu biologi dan biologi terapan melalui :
    1. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu biologi dan biologi terapan .
    2. Pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian di bidang ilmu biologi dan biologi terapan.
    3. Penerapan hasil penelitian di bidang ilmu biologi dan biologi terapan melalui pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan keterampilan mahasiswa agar memiliki kemampuan berwirausaha di bidang biologi terapan
  3. Mengembangkan mitra kerja dengan instansi terkait dalam rangka pengembangan ilmu biologi dan biologi terapan

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di progam studi ruang kuliah dilengkapi dengan LCD dan air conditioning, green house, kolam dan kebun percobaan, laboratorium (biologi, kimia, mikrobiologi, teknologi pangan, dll) untuk pratikum dan penelitian. Ruang internet dan free wifi area juga tersedia di prodi biologi FMIPA.

Kerja Sama

Institut Tropical Disease, Balai Penelitian Tanaman Pangan, Kerjasama penelitian dengan Queensland University Technology Australia, dan Kebun Binatang Surabaya.

Prospek lulusan

Sarjana biologi sangat dibutuhkan dalam pengembangan dunia ilmu pengetahuan baik sebagai tenaga pendidik (dosen, guru dan trainer), peniliti pada departemen, lembaga dan badan riset, analisis pada berbagai laboratorium dan bidang industry terutama makanan dan kesehatan, tenaga control kualitas pada industry terkait, serta konsultan pengeloaan biodata dan lingkungan.