Loading

Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan

Detil Prodi

PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN / PMPK (S-1 TERAKREDITASI B) 1201/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015

Progam Studi (Prodi) PPKn didirikan pada tahun 1979, memperoleh status terdaftar tanggal 28-02-1983 dengan SK Mendikbud. No: 0108/0/1983. Saat ini terakredititasi B berdasarkan SK BAN PT No: 042/BAN-PT/Ak-XIII/S1/L/I/2011. Visi Prodi PPKn menghasilkan pendidik yang kompeten, memiliki integritas moral berdasarkan jati diri bangsa dan berwawasan global. Seluruh sivitas akademika Prodi PPKn siap menjadi pilar karakter bangsa.rogram Studi PKKn didirikan pada tanggal 23-06-1998 berdasarkan SK No 47/D/O/1998. Pada saat ini Progam Studi PPKn telah terakreditasi dengan nilai B berdasarkan SK No. . 017/BAN-PT/Ak-IX/S1/2005. Adapun progam Studi PPKn adalah Menghasilkan pendidik yang kompeten, memiliki integritas moral berdasarkan jati diri bangsa dan berwawasan global sebagai guru PKn untuk memberikan pembelajarannya guna berpartisipasi dalam pendidikan dan pembangunan masyarakat.

VISI


Menghasilkan pendidik yang kompeten, memiliki integritas moral berdasarkan jati diri bangsa dan berwawasan global.

MISI


  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada ketercapaian kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial sebagai guru PKn.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan potensi dan kompetensi mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan dan keterampilan, keahlian berkarya, perilaku berkarya, dan berkehidupan bermasyarakat serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis TI.
  3. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran PKn, serta penelitian tindakan kelas.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang PPKn dan pembelajarannya guna berpartisipasi dalam pendidikan dan pembangunan masyarakat.
  5. Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme civitas akademika serta lulusan.

TUJUAN


  1. Menghasilkan sarjana pendidikan (S.Pd) yang memiliki wawasan, pengetahuan keterampilan, nilai dan sikap dalam bidang pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu menyelenggaraan pendidikan secara individu maupun kelompok dalam lingkungan sekolah dan layanan kemasyarakatan yang relevan, sesuai dengan permasalahan dan tuntutan perkembangannya, menurut kaidah keilmuan, teknologi dan kode etik Guru Republik Indonesia.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan (S.Pd.) yang memenuhi persyaratan akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S-2 ).

Fasilitas

Ruang kuliah nyaman (AC,LCD), Laboratorium PPKn, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Micro Teaching, Perpustakaan, dan Multisarana olah raga.

Kerja Sama

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekolah-sekolah Mitra, Pengadilan Negri, Pengadilan Tinggi, dan Perusahaan-perusahaan Mitra.

Prospek lulusan

Peluang kerja lulusan Prodi PPKn antara lain:

  1. Sebagai pendidikan dan tenaga kependidikan;
  2. Sebagai konsltan pendidikan;
  3. Sebagai instruktur, dan sebagai HRD di perusahaan.