Loading

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Detil Prodi

PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA / PKK (S-1 TERAKREDITASI B) 965/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015

Progam studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga berdiri sejak tahun 1984 dengan izin dari Kopertis Wilayah VII No:377/Q/1984. Prodi ini terbagi menjadi tiga konsentrasi yakni :

  1. Tata Boga adalah progam studi yang mempelajari tentang seni ilmu akan kenikmatan makanan dan minuman yang baik dari pemilihan serta pengolahan bahan makanan secara sehat dan berkualitas.
  2. Tata Rias adalah progam studi yang mempelajari rias wajah dengan kegiatan mengubah penampilan bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik.
  3. Tata Busana merupakan suatu progam studi yang mempelajari bagaimana cara memilih, mengatur dan memperbaiki, dalam hal ini adalah busana sehingga diperoleh busana yang lebih serasi dan indah.

VISI


Menjadikan program studi sebagai penyelenggara Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, mampu menghasilkan lulusan yang berperilaku professional, berpijak pada riset, serta memiliki jiwa enterpreneurship.

MISI


    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran program studi yang berkualitas, terpadu dan sinergi untuk menghasilkan tenaga guru professional dalam bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi kejuruan, seni yang terbarukan untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran.
  1. Melakukan pengabdian kepada masyarakat, melalui penyebarluasan dan penerapan hasil-hasil penelitian dalam mengembangkan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
  2. Membangun kerja sama kelembagaan dengan institusi pendidikan lain, dunia usaha dan industri dalam mengembangkan ilmu Pendidikan Kesejahteraan Keluarga untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme akademik

TUJUAN


  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang memiliki kemampuan akademis dan profesional, sehingga mampu meningkatan mutu sumber daya manusia.
  2. Mampu menyebarluaskan hasil penelitian dan penerapan ilmu Pendidikan Kesejahteraan Keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  3. Menghasilkan enterpreneur handal, yang mampu bersaing dimasyarakat, baik ditingkat nasional maupun internasional.
  4. Menjalin mitra kerja dengan dunia usaha dan industri dalam rangka mengambangan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Fasilitas

Laboratorium Tata Boga, Laboratorium Tata Rias, dan Laboratorium Tata Busana.

Kerja Sama

Peminatan Tata Boga :  Hotel Equator, Hotel Garden Palace, Hotel Sheraton, Katering Sono Kembang, Katering Hidayah, Rizky Catering, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Haji, Rumah Sakit Siloam, Pelangi Bakery, Savoury Bakery, Loritta Bakery, dan TVRI.

Peminatan Tata Busana  : IPBI Kartini untuk uji Kompetensi, Dannis Collection, dan Ayu Busana Butik

Peminatan Tata Rias : Viva Beauty Center, Martha Tilaar, Pury Ayu Salon, Arie and Harry, Aliefa Salon, dan MySalon.

Prospek lulusan

  1. Lulusan dari Tata Boga  :
    - sebagai guru bidang Tata Boga di SMK
    - mengembangkan potensinya secara profesional untuk membuat usaha mandiri dalam bidang makanan dan minuman (kuliner)
  2. Lulusan dari Tata Rias  : - sebagai guru bidang Tata Rias di SMK
    - mahasiswa dapat mengembangkan keprofesionalitasannya sebagai make up artis dalam dunia pertelevisian, perfilman, pernikahan/wedding, event organizer, hiburan.
  3. Lulusan dari Tata Busana  :
    - sebagai guru bidang Tata Busana di SMK
    - mahasiswa dapat mewujudkan desain dari ide, konsep, gagasan kreatifnya terkait kebutuhan pasar, mode, busana secara profesional
    - menciptakan lahan usaha mandiri dengan membuka butik, biro konseling busana atau sekolah busana.