Loading

Bimbingan dan Konseling

Detil Prodi

PENDIDIKAN GURU BIMBINGAN KONSELING / BK (S-1 TERAKREDITASI A) 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015

Program studi S-1 Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan program studi tertua di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Semula program studi ini berasal dari Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PBB), pada tahun 1998 ketika IKIP PGRI Surabaya menjadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya setelah marger dengan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Adi Buana Surabaya (STTL), Jurusan PBB menjadi program studi Bimbingan dan Konseling yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor:47/D/O/1998.

VISI

Pada tahun 2025 menghasilkan sumberdaya manusia berbasis riset dan kewirausahaan, berwawasan global, adaptif dalam bidang Bimbingan dan Konseling.

MISI

  1. Peningkatan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.
  2. Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang kontekstual untuk memenuhi kebutuhan tenaga konselor dan kebutuhan stake holder.
  3. Mengembangkan serta memajukan bimbingan dan konseling sebagai ilmu dan profesi yang bermartabat dengan cara melakukan peningkatkan kualitas penyelenggaraan penelitian dalam bidang Bimbingan dan Konseling khususnya bidang pendidikan.
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis research dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia.
  5. Mengembangkan pembelajaran berbasis IPTEKS, dan enterpreneurship sebagai sarana bagi kesiapan lulusan memasuki dunia kerja serta mengembangan diri.
  6. Meningkatkan kualitas Sistem Tata Pamong pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  7. Meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  8. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  9. Meningkatkan kualitas Kurikulum pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  10. Mengembangkan sarana dan prasarana pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  11. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  12. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama baik regional, nasional dan internasional pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Fasilitas

Program studi BK dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti:

Ruang kuliah ber-AC, Laboratorium Bimbingan dan Konseling yang dilengkapi dengan instrumen tes psikologis (tes inteligensi, tes bakat,tes minat, tes kepribadian, dan tes kreativitas), studio Micro-Counseling, ruang observasi dan diskusi.

Kerja Sama

Dalam implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, program studi Bimbingan dan konseling (BK) melakukan kerja sama dengan institusi/organisasi sebagai berikut :
  1. Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dosen dan mahasiswa.
  2. Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kompetensi dosen.
  3. SMP dan SMA di wilayah Provinsi Jawa Timur dalam pelaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling.
  4. Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP dan SMA di lingkungan Dinas pendidikan dan Kementrian Agama dalam penyelengaraan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam bentuk pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK-BK), pelatihan konseling, workshop, dan seminar nasional.

Prospek lulusan

Menjadi guru BK/konselor di SMP, SMA, SMK dan yang sederajat, konselor industri, konsultan pendidikan, dan peneliti dalam bidang pendidikan.