Loading

Berita Kampus

PBSI Unipa Gelar Pertunjukan Teater
21/Juli/2017
Category: berita kampus

BERMAIN PERAN: Salah satu aksi panggung mahasiswa PBSI UNIPA yang menampilkan kisah tentang perempuan.

 

Pertunjukan teater yang digelar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya di Gedung Cak Durasim Surabaya menarik perhatian ratusan penonton. Pentas drama dengan tema “Kenyataan Ini Bukan Revolusi” mempertontonkan femonema sosial yang dihadapi masyarakat dalam kondisi saat ini yang memiliki nuansa-nuansa gugatan dan perlawanan.

 

Menurut Suryadi Kurniawan, M.Hum dosen pengampu teater Unipa mengatakan ketiga judul yang ditampilkan baik “kakus, kabar dari timur, dan nyanyian angsa” memiliki porsi masing-masing disetiap penampilannya. Seperti bagaimana orang-orang miskin juga ingin merasakan kehidupan yang lebih layak, bagaimana orang ingin menata perubahan sosial di dunia politik, dan bagaimana perempuan ketika mendapat stigma berbagai macam dari masyarakat.

 

Jadi, rata-rata mengangkat potret sosial masyarakat kelas bawah, masyarakat marjinal, masyarakat yang tersisih, dan mereka rata-rata menggugat atas hidup yang lebih baik bagi mereka. Tentunya, banyak nilai yang bisa diambil dari pertunjukan ini,”terang dosen muda yang hobi bermain drama ini.

 

Sempat khawatir, pada pertunjukan kedua agak kedodoran sedikit, jadi suasana crowdid di penonton agak mengganggu pertunjukan karena dipertunjukan kedua temponya agak lambat berbeda dengan pertama dan ketiga yang relatif bisa menghipnotis penonton,”ungkap dosen yang bertubuh mungil tersebut.

 

Saya dan semua orang yang terlibat di dalam pertunjukan ini sudah punya komitmen bahwa kita lebih menikmati pada proses apa pun hasilnya andaikan pertunjukan tidak sesuai dengan yang dibayangkan, kita siap dengan kondisi apa pun dan itu akan kita nikmati dan ini sudah ditanamkan pada semua mahasiswa,”terangnya.

 

Suryadi menambahkan bahwa finalisasinya tidak hanya sebatas di pentas tetapi dari akumulasi proses dari waktu ke waktu yang lebih memberikan pengalaman kebatinan, kepanggungan, dll. (*)

 

 

 

 

Mahasiswa sedang menunjukkan bakatnya bermain peran
lampiran : tidak ditemukan