Loading

Berita Kampus

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Maksimalkan Program KKN-PPM dengan Hibah Rp 75 Juta
02/Agustus/2017
Category: berita kampus

ANGKAT TOPI: Rektor UNIPA Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA (tengah) didampingi Drs. pungut Asmoro, ST., MT Wakil rektor III usai upacara pemberangkatan KKN-PPM Hibah.

 

Surabaya-Setelah menjalani pembekalan, 52 mahasiswa diberangkatkan untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Hibah Kemenristek dikti di Desa Krembung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Pemberangkatan mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya ini dilakukan langsung oleh Rektor Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA pada 1 Agustus 2017.

 

Serah terima: suasana serah terima mahasiswa di kecamatan Krembung

Di Kecamatan Krembung, seremonial penyerahan mahasiswa terkesan istimewa karena dihadiri pejabat setempat. Seperti sekretaris camat Ir. Kusdiono, lurah Supandi, dan para staff kelurahan. Acara diisi paparan program kerja yang akan dilakukan mahasiswa selama kegiatan KKN-PPM di sana. Program hibah  KKN-PPM mengusung tema “ Industri Kreatif Seni Grafis Cetak Saring Upaya Pemberdayaan masyarakat Desa Krembung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo”. Kegiatannya meliputi pelatihan menyablon diantaranya sebagai kemasan produk yang menggunakan berbagai media seperti kertas, plastik, dan kain yang tujuannya agar masyarakat bisa membuat karya grafis yang nantinya bisa menjadi ciri khas suatu daerah.

 

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unipa Dr Dra Sukarjati MKes menyampaikan bahwa selain program utama ada 4 bidang yang akan dilakukan mahasiswa, yaitu pendidikan, ekonomi atau kewirausahaan, kesehatan, dan lingkungan. Sehingga, dalam pelaksanaan mahasiswa diwajibkan untuk mengisi kartu kontrol 1, 2, dan 3 yang meliputi program pokok dan program tambahan.

Laporan: Drs. Suparman, S.Pd., M.Pd menyampaikan laporan kegiatan KKN-PPM kepada Rektor.

Sukarjati berharap, para mahasiswa bisa belajar bersama-sama masyarakat untuk menuntaskan program pemberdayaan ini. Dalam prosesnya mahasiswa akan belajar bagaimana cara menyelesaikan suatu persoalan yang harus segera dilaksanakan, yang tidak diprioritaskan, dan yang memerlukan penyelesaian jangka panjang.

 

Alhamdulillah, kata Sukarjati.Program hibah KKN-PPM Kemenristek dikti untuk tahun anggaran 2017 mendapat dana Rp. 75 Juta dari proposal yang diketuai Drs. Suparman, S.Pd., M.Pd dan timnya Dr. Ismurdiyahwati Kr, MSn dan Drs. Hariadie, M.Pd. dari Pendidikan Seni Rupa. Dana akan dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui program yang diusung. (*)

lampiran : tidak ditemukan